Acara Pekan Maulid Remaja Mesjid Sabilillah Pedekik Dibuka Resmi Camat Bengkalis

Pedekik – Memperingati Maulidur Rasul Nabi Besar Muhammad SAW tahun 1440 H, remaja mesjid Sabilillah Pedekik gelar Pekan Maulid selama 3 hari. Kegiatan tahunan yang diadakan oleh para pemuda dan remaja mesjid yang tergabung dalam organisasi Ikatan Remaja Mesjid Sabilillah (IRMAS) kali ini dibuka langsung oleh Camat Bengkalis yang diwakili Kasi Kessosbud Bapak Painiwan, SH.

Ketua IRMAS Pedekik dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan kegiatan Pekan Maulidur Rasul ini antara lain untuk menjalin silaturrahiem antara remaja mesjid yang ada di wilayah Kecamatan Bengkalis sekaligus peringatan Maaulid Nabi SAW tahun 1440H.

“Kami berharap kepada pihak Kecamatan untuk bisa memfasilitasi kegiatan Pekan Mauid ini setiap tahun. Insya Allah kita dari Remaja Mesjid Sabilillah siap menjadi tuan rumh”, ujar Ketua IRMAS Syahru Ramadhan.

Beberapa kegiatan perlombaan yang diadakan antara lain lomba azan, Tahfizul Qur’an juz 30 serta lomba sholawatan. Para peserta yang mendaftar berasal dari beberapa organisasi remaja mesjid yang berada di kecamatan Bengkailis.

Acara yang mengusung tema ‘Mewujudkan Generasi yang berakhlakul karimah dan cinta Rosulullah’ ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat serta support dana dari para donatur atau masyarakat di desa Pedekik.

Sementara itu Pengurus mesjid Sabilillah juga sangat mendukung inisiatif dari anak-anak remaja dan pemuda desa ini. Dimana pengurus mesjid siap menyediakan tempat dan fasilitas untuk berjalannya kegiatan ini selama beberapa hari.

“Kami dari pengurus mesjid hanya mampu menyediakan tempat dan beberapa perlatan ynag dibutuhkan. Untuk itu kami berharap kepada Pemerintahan desa maupun kecamatan agar bisa lebih memperhatikan acara=acara islami yang menghdiupkan syiar agama ini, baik secara moril maupun juga pendanaan,” sambut Bapak Khaironi dari Pengurus Mesjid sabilillah.

Menurut beliau akhir-akhir ini perhatian dari pemerintahan desa terhadap kegiatan-kegiatan kegamaan dan kemasyarakatan terasa sedikit menurun. Padahal kalau dilihat dari jumlah anggaran desa sepertinya semakin besar.

“Jadi kami mohon kepada pihak-pihak yang berwenang di desa untuk bisa lebih memperhatikan kegiatan semacam ini. Karena kita juga merasa miris mendengar pengakuan dari Ketua Remaja Mesjid tadi, bahwa sumber dana acara ini murni bersumber dari bantuan masyarakat,” lanjut pengurus mesjid.

Dari pihak Kecamatan Bengkalis yang diwakili oleh Bapak Painiwan, SH juga meyampaikan rasa bangga atas kegiatan yang dimotori oleh remaja mesjid Pedekik tersebut. Beliau berharap kegiatan seperti ini bisa ditularkan kepada remaja dan pemuda desa lainnya yang berada di wilayah Kecamatan Bengkalis.

“Kalau untuk wilayah Kecamatan Bengkalis, kami anggap remaja Pedekik ini lah yang menjadi motor penggerak bagi kebangkitan remaja-remaja kita. Kegiatan semacam ini sangat-sangat positif. Kita bangga para remaja bisa mengembangkan eksistensi mereka. Oleh karena itu perlu kita dukung sepenuhnya,” sambut Bapak Painiwan yang juga sebagai Penjabat sementara Kepala Desa Kelapapati ini.

Beliau juga meminta kepada Pemerintahan desa agar bisa mensupport dan memperhatikan kegiatan semacam ini kedepannya. Karena desa sekarang diberi otonomi yang lebih luas. Artinya kegiatan pemberdayaan masyarakat harus mendapat prioritas dalam program pembangunan desa.

“Kalau bisa kedepan pelaksanaan untuk bidang pemberdayaan masyarakat lebih didahulukan. Tidak diletakkan di akhir tahun. Sehingga kalau terjadi hal-hal yang tidak diduga seperti Tunda Bayar Anggaran dari Kabupaten, kegiatan semacam ini tidal ikut terkendala,” lanjutnya.

Karena menurut beliau kalau untuk pembangunan fisik atau infrastruktur di desa masih bisa terbantu dengan proyek-proyek dari Kabupaten.

Selain itu, Kasi Kessosbud Kecamatan Bengkalis ini juga berharap kegiatan Pekan Maulid ini bisa menghasilkan hal-hal positif bagi para pemuda dan remaja islam khususnya. Apalagi menghadapi tantangan era digital informasi dan teknologi sekarang ini.

“Karena zaman sekarang ini banyak anak-anak kita terlena dengan perkembangan teknologi dan internet. Sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat dan kami harap bisa lebih dikembangkan lagi ke depannya. Untuk itu, mewakili Bapak Camat Bengkalis, pada malam hari ini, dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohiem, kegiatan Pekan Maulid Ikatan Remaja Mesjid Sabilillah Tahun 1440 H secara resmi saya buka,” tutup Bapak Painiwan, SH yang disambut dengan tepuk tangan para hadirin. (pdk)

Berita Lainnya

Beri Komentar