APBDes 2018 Pedekik Resmi Disampaikan Kepada Masyarakat

Pedekik – Sesuai dengan aturan yang berlaku bahwa APBDesa wajib disampaikan kepada masyarakat setiap tahunnya setelah proses penganggaran dan penyusunan selelsai dilaksanakan oleh pemerintah desa melalui berberapa tahap.

Untuk itu Pemerintah Desa Pedekik telah menyampaikan hasil APBDes tahun anggaran 2018 ini kepada masyarakat melalui musyawarah yang diadakan pada Selasa (27/03/2018) di Gedung Serbaguna Kantor Desa.

Walaupun pihak pemerintah desa telah menyebarkan seratus lebih undangan kepada warga masyarakat, namun pada kesempatan itu banyak juga warga yang tidak hadir.

Hal ini mungkin karena pengaruh cuaca pada hari itu, dimana sebelum musyawarah berlansung hujan lebat telah mengguyur wilayah desa Pedekik sejak malam hari sehingga terjadi banjir.

Namun begitu kegiatan musyarah desa penyampaian APBDes kepada masyarakat Alhamdulillah tetap bisa berlangsung hingga selesai.

Dengan diawali pembacaan do’a oleh bapak sekretaris desa Maskur, SH, rapat penyampaian di mulai sekitar pukul 14.00 Wib.

Ketua BPD Zainal Bahri dalam sambutannya menyampaikan bahwa kepada masyarakat agar bisa memahami apa yang telah disampaikan oleh pemerintah desa guna berjalannya program pembangunan desa pada tahun 2018 ini.

Kami selalu sampaikan kepada bapak-bapak dan masyarakat dalam berbagai kesempatan, bahwa apabila pada tahun ini mungkin terjadi perampingan dalam beberapa kegiatan dan penganggaran, mohon untuk dimaklumi,” Jelas Ketua BPD.

Hal ini dikarenakan APBDes kita juga berkaitan dengan defisit anggaran yang dialami oleh Pemerintah Kabupaten. Sehingga kita yang di desa juga otomatis kena imbasnya.” Lanjut Pak Zainal Bahri.

Sementara itu Kepala Desa Pedekik Drs. Jansuar Hamzah melalui podium musyawarah telah memberikan berbagai penjelasan terkait dengan perencanaan, penganggaran dan pembangunan desa kepada masyarakat untuk tahun 2018 ini.

Menurutnya tahun ini banyak sekali terjadi perbedaan dalam kebijakan dan aturan yang disampaikan pihak pemerintah atasan kepada desa dibanding dengan tahun sebelumnya.

Antara lain seperti pada penganggaran untuk bantuan operasional kelembagaan. Dimana tahun ini Pemerintah Desa tidak diperbolehkan menganggarkan operasional lembaga desa lebih dari 20 juta rupiah.

Namun begitu patut di syukuri bahwa draft APBDesa tahun ini Alhamdulillah sudah sampai di Kabupaten melalui Kecamatan. Walaupun mengalami beberapa kali perbaikan.

Jadi Insya Allah mungkin sekitar awal bulan April dana desa kita sudah bisa dicairkan untuk tahap awal. Perlu juga saya sampaikan, sesuai dengan informasi yang saya terima terakhir bahwa untuk yang akan datang, sistem penganggaran kita akan melibatkan masyarakat langsung.” Papar Kepala Desa Drs. Jansuar Hamzah.

Selain itu, kedepan diminta kepada semua kelembagaan atau kegitan yang diusulkan ke desa, pada bulan juli itu proposalnya sudah disampaikan kepada desa. Sehingga penyusunan APBDes kita bisa lebih cepat di selesaikan.” Lanjutnya.

Selain berbicara mengenai pemaparan APBDes tahun 2018, Kepala Desa juga menyampaikan beberapa hal tentang kegiatan desa untuk tahun depan.

Perlu saya sampaikan juga disini, bahwa tahun 2019 yang akan datang saya telah meminta kepada Kecamatan mengenai kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan Insya Allah akan diadakan di desa kita. Jadi saya berharap mulai sekarang kita sudah mulai berbenah diri.” Sambung pak Kades.

Untuk itu saya berharap pada moment MTQ Tingkat Kecamatan Tahun ini yang diadakan di Desa Meskom, mari kita sama-sama hadir disana. Agar nantinya kita juga bisa melihat dan belajar bagaimana cara kerja mereka.” Harapnya.

Setelah sambutan Kepala Desa berakhir, masyarakat juga diberikan kesempatan untuk meminta penjelasan terkait anggaran APBDesa Tahun 2018 tersebut kepada Pemdes.

Dan kegiatan penyampaian APBDes Pedekik Tahun 2018 tersebut berakhir sekitar pukul 16.30 Wib. (pdk)

Berita Lainnya

Beri Komentar