APBDes Perubahan Desa Pedekik 2017 Telah Disepakati Bersama Masayarakat

Pedekik – Pemerintah Desa Pedekik telah melaksanakan rapat pembahasan APBDes Perubahan untuk tahun 2017 bersama BPD beberapa hari lalu. Hal ini merupakan agenda tahunan bagi Pemerintahan Desa pada periode akhir tahun anggaran. Hari ini Selasa (21/11/2017) hasil dari perubahan yang telah disepakati bersama itu di musyawarahkan kepada masyarakat di Aula Gedung Pertemuan Kantor Desa Pedekik.

Hadir tokoh-tokoh masyarakat, sesepuh desa, kelembagaan desa serta perwakilan-perwakilan dari pihak lainnya serta para undangan sesuai waktu yang dijadwalkan. Musyawarah yang dibuka tepat pukul 14.00 Wib itu diawali oleh Sri Maryana selaku pembawa acara yang dilanjutkan dengan kata sambutan dari pihak Pemerintahan Desa yakni Kades dan BPD.

Drs. Jansuar Hamzah selaku Kepala Desa dan sebagai KPA desa menyampaikan terima kasih kepada para undangan yang sudi hadir pada sore itu. Karena penyampaian APBDes Perubahan ini terlihat hampir 95% undangan yang datang.

“Bapak-bapak Ibu-ibu yang saya hormati, perlu kami sampaikan sebelumnya bahwa pada APBDes Perubahan tahun ini kita mengalami sedikit perubahan dari sisi besaran anggaran. Hal ini dikarenakan adanya pemotongan dana ADD Kabupaten oleh Pemda. Ini berlaku untuk semua desa yang ada di Kabupaten Bengkalis,” terang Pak Kades kepada warga.

“Ini memang diluar dugaan kita. Jadi bagaimanapun juga kita harus melakukan penyesuaian. Dan itu sudah kami rapatkan bersama Badan Permusyawaratan Desa. Namun dari sisi program atau kegiatan Alhamdulillah tidak ada yang kita hilangkan. Cuma masalah besaran nya saja yang kita sesuaikan,” lanjut Kepala Desa.

Pihak BPD yang diwakili oleh Bapak Muhammad Bisri dalam sambutannya juga menyampaikan hal senada dengan Kepala Desa. Beliau berharap pengurangan dana dari Pemrintah Kabupaten yang dilakukan saat mendekati akhir tahun anggaran tidak terjadi lagi kedepannya.

Sebagaimana diketahui, pemotongan dana ADD oleh Pemda diterapkan untuk semua desa. Hingga saat ini belum jelas apa alasan Pemda melakukan hal tersebut. Untuk Desa pedekik sendiri pemotongan dana itu mencapai angka 70 juta rupiah lebih.

Sebelum acara rapat dilanjutkan dengan pemaparan anggran perubahan, terlebih dahulu dilaksanakan pembacaan do’a yang di pimpin oleh H. anwar. Selanjutnya pemaparan rincian secara teknis di pandu oleh Sekretaris Desa Maskur, SH.

Secara aklamasi seluruh masyarakat menyetujui hasil APBDes Perubahan untuk tahun anggaran 2017 tersebut. Dan kita berharap pencairan dana desa tahap kedua bisa terlaksana secepat mungkin. Mengingat masih banyak kegiatan atau program yang perlu dibuat dan menunggu dana tersebut. (pdk)

Berita Lainnya

Beri Komentar