Bengkalis Ukir Sejumlah Prestasi Lingkungan Hidup, Mulai Tingkat Provinsi hingga Nasional

BENGKALIS – Kabupaten Bengkalis patut berbangga, karena pada Tahun 2016 sarat dengan prestasi di bidang lingkungan hidup yang sebelumnya belum pernah diraih. Tak tanggung-tanggung, penghargaan diraih mulai dari tinggat provinsi, nasional hingga mandiri.

”Ini semua melebihi target yang telah kita tetapkan dalam perencanaan awal dan merupakan kebanggaan yang luar biasa bagi Kabupaten Bengkalis,” ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis, H Arman AA melalui Sekretaris BLH Agusrizal usai pelaksanaan upacara bendera hari lingkungan hidup sedunia bertempat di lapangan Kantor Bupati Bengkalis, Senin (18/7/2016).

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, Kepala BLH Bengkalis menerima secara langsung penghargaan dari Gubernur Riau sebagai kabupaten terbaik dalam penyusunan laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) pada upacara Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tingkat Provinsi Riau di Pekanbaru.

”SLHD merupakan dokumen tentang lingkungan hidup berisi tentang deskripsi isu lingkungan hidup dengan tema; Pembahasan kondisi, penyebab, dampak dan respon permasalahan pada media air, udara, lahan dan hutan, keanekaragaman hayati serta pesisir dan laut. SLHD memuat informasi tentang kondisi lingkungan yang dilengkapi dengan data potensi lingkungan dan berbagai permasalahan lingkungan,” kata Agus.

Tujuan disusunnya SLHD adalah untuk mengukur perkembangan dan kemajuan lingkungan di suatu kabupaten atau kota. Sebagai dasar saat pengambilan keputusan untuk memperbaiki lingkungan di daerah tertentu. Dengan adanya SLHD pembangunan di bidang lingkungan hidup akan semakin terarah dan semakin maksimal.

Selanjutnya, pada upacara di halaman Kantor Gubernur Riau, diterima pula penghargaan Setia Lestari Bumi dan Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Riau. Untuk penghargaan Setya Lestari Bumi, penghargaan diterima kelompok Mangrove Kempas Desa Sebauk Kecamatan Bengkalis. Penghargaan yang terima Zakaria dalam bentuk piala, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp7,5 juta. Kelompok yang belum lama berdiri ini bersaing dengan puluhan calon penerima Setya Lestari Bumi se-Riau.

Sementara untuk penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi, dari target sebanyak 3 sekolah saja untuk menang, ternyata mampu diraih 10 sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA. Masing-masing sekolah meraih piala, piagam, dan uang pembinaan. ”Ini menandakan bahwa kesadaran untuk mewujudkan sekolah berbudaya lingkungan semakin memasyarakat diantara sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bengkalis,” ujar Agus.

Selain prestasi di atas, salah satu sekolah di Kabupaten Bengkalis terpilih pula sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri yang penghargaannya akan diserahkan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Juli 2016 di Siak.

”Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Surat Nomor UN.35/P2SDM/LATMAS/SDM.2/7/2016 mengundang SDN 1 Bengkalis untuk menerima penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri dari Presiden RI Joko Widodo pada upacara hari lingkungan hidup sedunia yang dipusatkan di Siak tanggal 22 Juli 2016 mendatang,” ujarnya.

 

Sumber : bengkaliskab.go.id

Berita Lainnya

Beri Komentar