Idul Adha 1438 H, Masyarakat Pedekik berkurban 13 ekor Sapi dan 14 ekor Kambing

Pedekik –  Kesadaran masyarakat Pedekik untuk berkurban pada hari raya idul Adha sepertinya masih terus tertanam. Dimana tahun ini Umat Muslim Pedekik telah melaksanakan ibadah Kurban dengan memotong sedikitnya 13 ekor sapi dan 14 ekor kambing.

Walaupun kurban tidaklah wajib hukumnya bagi kita umat Islam, namun hal itu sangat dianjurkan bagi kita yang mempunyai kelebihan rezeki. Karena banyak manfaat dan keutamaan yang akan diperoleh. Secara social kurban merupakan sarana untuk berbagi dengan sesama disamping memang dianjurkan dalam agama.

Bertepatan dengan Idul Adha 1438 H tahun ini yang jatuh pada hari Jum’at, penyembelihan hewan kurban di Pedekik tidak semuanya dilakukan setelah selesai sholat Ied. Melainkan ada beberapa tempat yang berkurban pada hari tasyrik pertama (Sabtu). Mengingat hari Jum’at waktunya cukup terbatas.

13 ekor sapi dan 14 ekor kambing untuk kurban yang terkumpul tahun ini tersebar di beberapa mesjid dan musholla yang ada di Pedekik. Adapun informasi yang kami dapat antara lain Mesjid Mujahidin Pedekik laut akan menyembelih 4 ekor sapi dan 8 ekor kambing.

Mesjid Alfalah dusun II tercatat telah memotong hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Mesjid Sabilillah dusun III Pedekik darat juga menyembelih 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Sementara di mesjid An-Nur dusun IV Kelapasari telah menyembelih hewan kurban sebanyak 2 ekor sapi.

Sedangkan musholla yang mengadakan kurban tahun ini yakni di Musholla Al Hilal dusun III dengan memotong 1 ekor sapi yang dilaksanakan pada hari sabtu pagi.

Keseluruhan hewan kurban tahun ini rata-rata merupakan kurban yang dilakukan masyarakat secara berjamaah, khususnya sapi. Karena 1 ekor sapi boleh untuk berkurban sebanyak 7 orang.

Mereka mengadakan system angsuran selama satu tahun untuk mendapatkan satu ekor sapi. Sehingga hal ini terasa ringan bagi masyarakat. Bahkan di dusun III Pedekik Darat sebagian masyarakat ada yang melakukan system angsuran selama tiga tahun.

Saat ini harga sapi untuk berkurban sudah mencapai 15 juta rupiah keatas per ekornya. Sehingga iuran per orangnya mencapai sekitar 2,5 juta rupiah jika ingin ikut berkurban hewan sapi.

Kita berharap kesadaran masyarakat untuk ber kurban akan terus tumbuh. Sehingga nantinya jumlah hewan kurban di desa kita akan terus bertambah setiap tahunnya.

Bagi anda yang ingin ber kurban tahun depan silahkan menghubungi pengurus kurban yang sudah terbentuk di beberapa mesjid. Dan mari sama-sama kita memasyarakatkan kebiasaan untuk ber ibadah kurban agar kita bisa berbagi antar sesama sehingga jalinan ukhuwah di antara masyarakat kita semakin erat dan mantap. (pdk)

Berita Lainnya

Beri Komentar