Artikel

Tertibkan Administrasi Desa, Kades Pedekik Adakan Rakor RT dan RW

23 Januari 2018 00:00:00 Administrator Berita Desa

Pedekik – Untuk lebih meningkatkan administrasi dalam Pemerintahan Desa, Kepala Desa Pedekik mengumpulkan Kelembagaan RT dan RW untuk mengadakan rapat kordinasi. Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa yang baru saja dibentuk.

Sekretaris Desa Pedekik Bapak Maskur, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa RT dan RW diharapkan memiliki kemajuan dalam masalah aministrasi dan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi Desa Pedekik sekarang sudah berstatus Desa Swa Sembada.

Tertib administrasi yang perlu di perhatikan bagi RT dan RW antara lain tentang pembuatan SPJ dana operasional, laporan kependudukan bulanan, pelayanan kemasyarakatan dan sistem keamanan lingkungan di wilayah RT.

Sementara itu Kepala Desa Pedekik Drs. Jansuar Hamzah dalam kesempatan itu memberikan pengarahan dan pembinaan kepada RT dan RW terkait masalah peningkatan kinerja dan pembinaan tertib administrasi.

Beberapa poin yang disampaikan oleh Kepala Desa antara lain sebagai berikut :

  • Diharapkan kepada RT dan RW agar memperhatikan tentang keamanan di lingkungannya dengan bekerjasama dengan Linmas yang ada di wilayah RT masing-masing. Dalam hal ini kalau bisa diadakan Siskamling secara rutin.
  • Dalam pembuatan Surat Tanah diharapkan kepada RT, RW dan Kadus untuk ikut meneliti situasi dan kondisi tanah serta surat-menyurat yang akan diterbitkan.
  • RT diminta untuk mensosialisasikan kepada masyarakat di wilayahnya bahwa mulai tahun ini pengurusan surat-menyurat di kantor desa, baik yang sifatnya perizinan maupun non perizinan wajib menyertakan Tanda Bukti Lunas pembayaran Pajak PBB-P2 tahun terakhir. Jika tidak, maka penerbitan surat tidak bisa dip roses.
  • Untuk tahun ini Pemerintah Desa telah menganggarkan kegiatan Penomoran Rumah yang ada di Desa Pedekik. Untuk itu RT di minta mendata keberadaan rumah dan mulai merancang sistem penomoran dengan bekerjasama antar RT dan RW serta Kadus.

Selain hal diatas banyak lagi kebijakan dan program yang disosialisasikan oleh Kades kepada RT dan RW guna meningkatkan kemajuan administrasi dan pelayanan kepada masyarakat.

Beliau juga memberitahukan bahwa mulai tahun ini Pemerintah telah menetapkan Surat Keputusan Bersama mengenai aturan pembuatan Sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional. Dimana sekarang pembuatan Surat Tanah Sistematis di kenakan biaya sebesar Rp. 200.000,-.

Tahun ini Pemdes juga telah menganggarkan kegiatan pengadaan seragam RT dan RW sebagai pakaian resmi saat berdinas ke kantor desa serta sepatu dinas.

Dan yang paling penting bahwa Kelembagaan RT dan RW mulai tahun ini Struktur Organisasinya akan bertambah keanggotaannya. Dimana nanti RT dan RW harus mempunyai sekretaris dan bendahara. Namun untuk dana operasional nya untuk tahun ini belum bisa di optimalkan karena mengingat kondisi keuangan desa yang belum memungkinkan. (pdk)23-01-2018

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Agenda

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.