Artikel

RPJMDes Pedekik 2018 Telah Di Musdeskan Bersama Masyarakat

10 Februari 2018 00:00:00 Administrator Berita Desa

Pedekik – Pemerintah Desa Pedekik telah menyelenggarakan Musrenbang tingkat Desa untuk tahun 2018 sebagai pedoman pembangunan yang dituangkan dalam RPJMDes. Untuk RPJMDes perencanaan pembangunan desa disusun hingga jangka waktu 6 tahun ke depan sesuai dengan lamanya jabatan Kepala Desa.

Acara Musyawarah Desa tentang pembangunan tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat yang dipusatkan di aula Gedung Serbaguna Desa Pedekik. Hal ini menandakan bahwa RPJMDes telah selesai di susun walaupun  belum final. Karena masih ada tahap perbaikan dan Penyempurnaan Dokumen Pembangunan tersebut hingga bisa disahkan menjadi Perdes RPJMDes.

Acara yang dimulai sekitar pukul 14.00 Wib tersebut diawali dengan sambutan Ketua BPD selaku mitra kerja Pemerintah desa yang dalam hal ini disampaikan langsung oleh Bapak Zainal Bahri sebagai Ketua BPD.

“Bapak-bapak, Ibu-ibu yang kami hormati… Alhamdulillah RPJMDes kita telahpun di susun oleh Kepala Desa melaluiTim 11 yang telah kita bentuk beberapa waktu lalu. Dokumen ini lah nanti sebagai acuan dan pijakan kita dalam membangun desa untuk tahun-tahun mendatang,” Sambut Ketua BPD.

“Dalam kesempatan ini mungkin perlu juga saya sampaikan informasi terkait dengan anggaran pembangunan desa. Dimana kita telah beberapa kali mengalami penurunananggaran dari Kabupaten ke Desa. Seperti dana percepatan pembangunan yang dulu di sebut dengan Inbup. Yang mana sekarang dana itu tinggal 200 juta saja. Hal ini sebagaimana disampaikan dewan kepada kami bahwa anggaran Kabupaten banyak yang dialokasikan untuk memenuhi visi misi dari Bupati Amril Mukminin.  Jadi kita masyarakat harap maklum.” Lanjutnya.

Sementara itu Kepala Desa Pedekik Drs. Jansuar Hamzah diawal sambutannya menyampaikan beberapa poin terkait usulan pembangunan ke Kabupaten melalui Musrenbang Kecamatan yang diadakan beberapa hari lalu.

Adapun rencana pembangunan yang di prioritaskan untuk di usulkan ke Pemda antara lain ada lima poin. Yakni lanjutan pembangunan Jalan Sudirman menuju Kelapasari, lanjutan Turap dan parit Beton Dusun Pedekik Darat, pembangunan jembatan penghubung dengan desa Pangkalan Batang yang direncanakan berlokasi di dekat Lapangan Sepak Bola Dusun Pedekik Tengah. Dan satu lagi berupa pembangunan pemberdayaan ekonomi berupa Kolam Udang.

Selanjutnya Kepala Desa menyampaikan beberapa hal terkait rencana anggaran pembangunan desa untuk taun 2018. Dimana berdasarkan dokumen RPJMDes, pagu indikatif untuk pembangunan desa tahun 2018 ini secara keseluruhan mencapai lebih kurang 3 Milyar Rupiah.

Jumlah pagu indikatif tersebut di bagi menjadi beberapa bidang pembangunan desa seperti penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat dan infrastruktur.

“Perlu bapak-bapak ketahui, bahwa dari pagu anggaran kita tahun ini untuk bidang Penyelenggaraan pemerintahan Desa diperkirakan akan menelan dana sekitar Rp. 2.039.039.000,-. Dan untuk bidang Pembinaan Kemasyarakatan kita taksir akan menggunakan dana lebih kurang Rp. 451.000.000,-. Sementara bidang Pemberdayaan Masyarakat sekitar Rp. 54.000.000,-. Dan sisanya sejumlah Rp. 524.787.000,- adalah untuk pembangunan infrastruktur.” Jelas Pak Kades.

“Nanti rekap RPJMDes ini akan kita bagikan ke setiap Dusun dan kami mohon kepada Kepala Dusun agar meneliti kembali hasil rekap tersebut. Barangkali ada usulan yang tertinggal, silahkan di usulkan kembali untuk nanti kita masukkan ke dokumen RPJMDes.” Lanjutnya.

Selain itu dalam kesempatan musyawarah desa pada sore Jum’at (09/02/2018) tersebut juga dibahas sedikit mengenai Perdes SOTK desa yang baru. Dimana desa Pedekik ke depan akan melakukan perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa yang mana nantinya Desa direncanakan akan memiliki 3 orang Kepala Urusan dan 3 orang Kepala seksi. (pdk)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Agenda

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.