Artikel

Musdes Pertanggungjawaban UED-SP Sinar Harapan Pedekik Berlangsung Sukses

22 Februari 2018 00:00:00 Administrator Berita Desa

Kegiatan Desa – Dalam memberikan motivasi dan semangat kepada pemanfaat, khususnya bagi masyarakat yang sudah meminjam dana Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED SP) Sinar Harapan Desa Pedekik, Pengurus UED SP telah melaksanakan Musyawarah Desa Pertanggung Jawaban (MDPT) pada Kamis (21/02/2018).

MDPT ini merupakan kegiatan tahunan yang harus dilaksanakan oleh setiap UED SP sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat. Apalagi dalam pelaksanaan MDPT ini,  pengurus juga telah menyediakan hadiah besar,  seperti mesin cuci, lemari es, kompor gas dan banyak lagi hadiah hiburan. Semua hadiah yang dibeli itu dananya dari Sisa Hasil Usaha (SHU) selama satu tahun.

Untuk UED SP Sinar Harapan Desa Pedekik, SHU tahun 2017 secara kumulatif telah mencapai Rp 84.236.167,-  yang bersumber dari Dana simpan pinjam Provinsi dan Kabupaten. Dari hasil usaha itu juga di alokasikan untuk bantuan sosial kepada masyarakat yang berjumlah sekitar Rp. 6 juta lebih dan untuk hadiah serta doorprize kepada pemanfaat senilai Rp. 41.435.000,-.

Hadir dalam kegiatan yang di pusatkan di Halaman Kantor Desa Pedekik tersebut, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bengkalis, Kasi Ekonomi BPMPD Bengkalis, Camat Bengkalis Bapak Jamaludin serta para pendamping desa ekonomi se Kecamatan Bengkalis dan undangan lainnya.

“Alhamdulillah untuk tahun ini UED-SP kita berjalan dengan lancar dan terkendali. Walaupun masih ada yang menunggak dalam hal pembayaran angsuran, namun tidak terlalu besar,”sambut Ketua UED-SP Agus Supeno.

“UED-SP kita juga pernah meraih prestasi Terbaik III pada beberapa tahun yang lewat. Saat ini dana simpan pinjam kita telah mencapai sekitar Rp. 8 Milyar. Namun masih ada sekitar Rp. 3 Milyar yang tersimpan di rekening. Ini yang belum termanfaatkan. Ke depan kami akan bekerjasama dengan pemerintahan desa bagaimana agar dana ini bisa terserap semua.” Lanjut Agus.

Sementara itu Camat Bengkalis Bapak Jamaludin menyampaikan pesannya kepada masyarakat terkait dengan dana UED-SP yang kedepannya akan murni menjadi Dana Abadi masyarakat agar memnfaatkan uang yang jumlahnya milyaran itu secara optimal dan berhati-hati.

“Setelah ada peleburan UED-SP ke Bumdes nantinya, ini akan menjadi dana masyarakat secara penuh. Jadi silahkan bapak-bapak manfaatkan dana ini. Namun jangan sekali-kali terbersit niat untuk tidak mengembalikannya. Karena peminjaman yang bapak lakukan secara tidak langsung ada pertanggungjawaban kepada semua masyarakat desa.” Jelas Jamaludin yang dua kali menjabat Camat Bengkalis ini.

Dalam kesempatan itu juga beliau berpesan kepada masyarakat Pedekik terkait dengan kondisi cuaca atau musim panas yang terjadi saat ini.

“Untuk seluruh masyarakat, terutama para perangkat desa serta RT dan RW agar selalu memberikan peringatan kepada masyarakatnya untuk berhati-hati dalam membakar lahan atau membersihkan kebun. Nanti pak, kalau ada masyatrkat yang tidak mau di ingatkan tentang bahaya kebakaran ini, silahkan laporkan ke kami di kecamatan.” lanjut pak Camat.

Tidak ketinggalan pula pada acara yang cukup meriah itu, Kadis PMD Bengkalis Bapak Yuhelmi memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat desa Pedekik agar bisa memanfaatkan sumber dana simpan pinjam ini secara maksimal.

“Banyak pak yang bisa kita lakukan dengan dana ini. Kami meminta kepada para pendamping ekonomi agar lebih bekerja keras lagi bagaimana supaya dana ini bisa di manfaatkan oleh masyarakat sehingga mampu mendongkrak perekonomian mereka.” Pesan Kadis PMD.

Tidak ketinggalan pula di akhir acara MDPT tersebut dibagikan hadiah sebagai stimulan bagi para pemanfaat yang ber kategori lancar. Dilanjutkan dengan pencabutan undian dan doorprize kepada seluruh pemanfaat yang telah meminjam ke UED-SP. (pdk).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Agenda

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.