Artikel

Kepala Desa Pedekik Sosialisasikan Administrasi Pemerintahan Desa Kepada RT dan RW

03 Juli 2018 00:00:00 Administrator Berita Desa

Kegiatan Desa – Kepala Desa Pedekik mengundang aparat desa dari tingkat RT, RW dan Kepala Dusun untuk mensosialisasikan tertib Administrasi Pemerintahan Desa yang sejalan dengan Permendagri Nomor 47 Tahun 2016.

Sebagaimana diketahui bahwa untuk administrasi di desa semua kegiatan pencatatan dan penatausahaan sudah di perbarui sejak tahun 2016 lalu, yang mana sebelumnya di atur dalam Peraturan Menteri Nomor 32 Tahun 2006 Tentang Pedoman Administrasi Desa.

Untuk itu bagi Pemerintahan Desa dituntut supaya administrasinya sudah lengkap dan akurat mengikuti Permendagri 47 tersebut sebagaimana yang diminta oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Bengkalis.

“Kepada Bapak-bapak RT dan RW, ada beberapa hal yang akan saya sampaikan disini. Antara lain mengenai administrasi Kelembagaan RT. Dimana kita sudah dituntut supaya RT dan RW itu memiliki sekretaris dan bendahara.” Kata Kepala Desa diawal sambutannya.

“Hanya saja saya belum tahu apakah nanti diperbolehkan seandainya kita adakan operasional untuk Sekretaris RT dan Bendaharanya.”

“Kemudian kami minta kepada RT supaya mengefektifkan kembali kegiatan Gotong Royong di masyarakat. Karena akhir-akhir ini saya lihat kegiatan gotong royong kita mulai menurun.” Lanjut Kades Jansuar.

“Alhamdulillah pak, desa kita pada lomba desa tahun ini kemarin mendapat Juara III. Dan diberikan penghargaan berupa piala. Namun kita perlu tingkatkan lagi tertib administrasi kita supaya nanti bisa ikut sampai lomba desa tingkat Kabupaten.” Jelas nya mengakhiri.

Setelah sambutan Kepala Desa, kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan pentingnya melaksanakan administrasi yang lengkap dan akurat serta rutin kepada RT dan RW oleh Sekretaris Desa dan Pendamping Desa.

“Jadi untuk peningkatan administrasi desa kita, kami minta kepada RT dan RW jika mengalami hambatan silahkan untuk dikonsultasikan ke desa.” Jelas Sekdes Maskur, SH di hadapan para aparat desa yang hadir.

“Kita akan bantu dan siapkan segala hal-hal yang berkaitan dengan tertib administarsi ini. Intinya administrasi desa kita yang dimulai dari tingkat RT ini bisa berjalan efektif. Baik itu laporan bulanan, data kependudukan, pencatatan pertanahan dan lain sebagainya.” Lanjut Sekdes.

Sementara itu pihak pendamping desa juga memberikan bimbingan dan pencerahan kepada RT dan RW. Dimana beliau menerangkan bahwa secara administrasi setiap RT dan RW paling tidak ada sekitar 5 jenis administrasi yang harus dilaksanakan.

Antara lain administrasi Buku Induk Penduduk, Laporan bulanan penduduk ke desa, Buku administrasi pertanahan di tingkat RT, administrasi pembangunan dan lainnya.

“Oleh karena itu kami sangat mengharapkan sekali kerjasama dari aparat desa, khususnya RT dan RW agar tertib adminisrasinya di tingkatkan lagi.” Harap pendamping Desa Sukirman, SE.

“Karena nanti administrasi kita akan ditinjau oleh pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat. Mereka akan turun ke desa untuk melakukan pengecekan dan penilaian administrasi.” Lanjutnya.

Kegiatan sosialisasi administrasi pemerintahan desa ini dilaksanakan di aula gedung pertemuan Desa Pedekik yang dihadiri oleh aparat RT, RW serta perangkat desa dan staff pada Senin sore (02/07/2018). (pdk)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Agenda

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.