Artikel

Bupati Bengkalis Adakan Safari Ramadhan Ke Mesjid Sabilillah Desa Pedekik

04 Agustus 2019 09:10:16 Administrator Berita Bengkalis

Pedekik – Perjalanan safari ramadhan Bapak Bupati Bengkalis tahun 2018M/1439H di Mesjid Sabilillah Desa Pedekik mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat setempat.

Acara yang dipusatkan di Mesjid bersejarah Desa Pedekik ini dihadiri ratusan warga dan jamaah mesjid serta jajaran pejabat Pemda Bengkalis pada Selasa sore (22/05/2018).

Bapak Bupati Amril Mukminin beserta rombongan hadir di lokasi sesuai dengan waktu yang di jadwalkan, yakni sekitar pukul 17.30 Wib.

Berhubung kehadiran beliau sudah mendekati waktu berbuka puasa maka tanpa menunggu lama kegiatan safari ramadhan di mulai oleh MC Bapak Ustadz Parhimpunan Rambe.

Diawali langsung dengan ceramah singkat yang di sampaikan oleh Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Kabupaten Bengkalis, Ustadz Muhammad Subli kepada para hadirin dari podium utama di teras Mesjid Sabilillah sambil menunggu bedug berbuka.

Ustadz yang juga merupakan dosen STAIN Bengkalis itu memaparkan materi seputar puasa serta khazanah keragaman furu’iyah dalam islam.

Acara kemudian di lanjutkan dengan berbuka puasa dan Sholat Maghrib berjamaah. Semua ruangan Mesjid Sabilillah lantai I dan lantai II penuh dengan jamaah.

Setelah sholat tarawih berjamaah yang berakhir sekitar pukul 20.30 Wib, kembali acara safari Ramadhan Bupati Bengkalis dilanjutkan.

Dalam Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, usai melaksanakan Sholat Isya, Tarawih dan witir berjamaah, Bupati Bengkalis menyerahkan santunan dari Pemkab Bengkalis kepada anak yatim berjumlah 30 orang, dan kaum dhuafa sebanyak 20 orang

Selanjutnya menyerahkan bantuan untuk rumah ibadah berupa papan informasi masjid dan Al-Qur’an kepada pengurus Masjid Sabilillah Desa Pedekik, Masjid Taufik, Desa Wonosari dan Masjid Jamik Nurul Yakin, Desa Senderak serta Musholla MTS Tajhiz Diniyah, Desa Meskom.

Kemudian dari Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bengkalis sebanyak 8 orang, serta santunan dari Dinas Sosial, K3S dan PKK Kabupaten Bengkalis kepada Panti Dayang Darmah, kaum dhuafa, anak yatim, bantuan jaminan sosial bagi lanjut usia miskin dan bantuan kepada bendreden.

Pengurus Mesjid Sabilillah Desa Pedekik dalam sambutan di hadapan Bupati dan rombongan menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Bupati Bengkalis Amril Mukminin karena sudi hadir di Mesjid bersejarah Desa Pedekik ini.

“Suatu kebanggan bagi kami atas kunjungan bapak-bapak dan ibu-ibu dari rombongan Pemerintah Kabupaten Bengkalis ke desa kami, khususnya di Mesjid Sabilillah ini,” ujar H. Anwar mewakili pengurus Mesjid.

“Kami juga minta maaf apabila dalam sambutan kami atas kehadiran Bapak Bupati dan rombongan kurang memuaskan, atau mungkin tidak terlayani dengan baik,” Lanjutnya.

Sebelum sambutan Bupati Bengkalis Amril Mukminin, acara safari ramadhan di selingi dengan penyerahan bantuan dari Pemkab Bengkalis kepada anak-anak yatim dan kaum dhu’afa yang ada di desa Pedekik.

Bantuan diserahkan langsung oleh Bapak Bupati di dampingi Dandim Bengkalis, Kapolres Bengkalis dan Sekretaris Daerah Kabupaten Begkalis bapak Bustami serta Ibu Kasmarni Amril.

Bantuan berupa sembako dan santunan uang tersebut antara lain datang dari Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, Kesra Kantor Bupati Bengkalis, Baznas serta Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis.

Selain bantuan kepada anak yatim dan kurang mampu, Bupati Bengkalis juga memberikan bantuan kepada beberapa mesjid yang ada di Kecamatan Bengkalis, yang diserahkan langsung oleh Bupati kepada masing-masing pengurus Mesjid yang hadir pada kegiatan tersebut.

Bantuan kepada 4 mesjid di Kecamatan Bengkalis ini diantaranya berupa 1 set Al Qur’an-Al Karim, jadwal sholat digital serta bantuan uang sebesar Rp. 30 juta kepada masing-masing mesjid.

Sementara itu Bupati Bengkalis dalam sambutan safari ramadhan di Mesjid Sabilillah ini mengatakan bahwa dirinya kagum dengan apa yang dilakukan masyarakat desa Pedekik dalam membangun Mesjid 2 lantai tersebut hasil dari swadaya dan infaq masyarakat.

Dalam sambutan itu juga Amril Mukminin mengajak Jamaah Masjid Sabilillah Pedekik untuk meningkatkan ibadah dan mohon keampunan kepada Allah SWT.

“Kemudian jika ada kelebihan harta pada bulan berkah ini mari kita sisihkan untuk anak yatim, kaum dhuafa dan saudara kita yang tidak mampu, karena harta yang kita miliki itu ada hak orang lain juga didalamnya,” Ajak Bupati.

“Kepada Masyarakat Pedekik dan Bengkalis umumnya, mari kita dukung TNI dan Polri dalam menjaga ketertiban dan keamanan dalam bulan Puasa di daerah Kabupaten Bengkalis yang kita cintai ini,” pinta Amril.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Agenda

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.