Kader Pos Lansia Pedekik Adakan Penyuluhan Kesehatan Kepada Masyarakat

Pedekik – Demi memberikan pelayanan yang baik kepada warga lanjut usia di desa Pedekik, Kader Pos Lansia menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan yang diadakan di aula gedung pertemuan desa Pedekik, Kamis (14/9/2017).

Dalam kegiatan yang dihadiri para praktisi kesehatan Puskesmas Kecamatan Bengkalis tersebut, warga masyarakat lanjut usia mendapatkan penjelasan tentang pola hidup sehat sehari-hari serta pencerahan tentang penyakit darah tinggi yang sering terjadi saat usia lanjut.

Pemerintah Desa Pedekik sebagaimana disampaikan Sekdes Maskur, SH dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada petugas dari Puskesmas Bengkalis yang sudi hadir dan bersedia memberikan pembinaan kepada warga Pedekik khususnya masyarakat yang berusia lanjut.

Karena kesehatan itu sangat penting artinya bagi masyarakat. Bukan hanya saat masih usia muda saja kita menjaga kesehatan. Bahkan ketika sudah berumur lanjut, justeru kita harus lebih intensif menjaga kesehatan,” ujar Sekdes.

Praktisi kesehatan puskesmas Bengkalis Ibu Kurniati dalam kesempataan itu memberikan penyuluhan tentang PHBS. Baik yeng terkait dengan kesehatan pribadi maupun lingkungan sekitar seperti rumah dan pekarangan.

Menurutnya ada beberapa poin yang perlu dilakukan untuk mencapai pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya ;

  • Selalu gunakan air bersih dalam keluarga
  • Membiasakan cuci tangan menggunakan sabun dan air yang bersih
  • Makan buah dan sayur setiap hari
  • Menjaga kesehatan lingkungan rumah seperti WC, kamar mandi dan pekarangan
  • Memberantas jentik-jentik sekali semimnggu

Dan masih banyak pola hidup sehat lainnya yang perlu di terapkan dalam kehidupan keluarga sehari-hari.

Sementara itu praktisi kesehatan lainnya dari Puskesmas Bengkalis Dr. Indra Wahyu memberikan pencerahan tentang penyakit darah tinggi kepada warga lansia yang didominasi oleh ibu-ibu tersebut.

Perlu ibu-ibu dan bapak ketahui, beberapa gejala  tekanan darah tinggi yang sering terjadi antara lain sakit kepala, sakit kuduk, sulit tidur, perasaan gelisah, mual dan lainnya. Oleh karena itu jika mengalami hal seperti itu segera periksa tekanan darah kita. Ibu-ibu dan bapak-bapak bisa pergi ke Polindes atau ke dokter terdekat,” terang Dr. Indra wahyu.

Tidak hanya mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan, para petugas Puskesmas yang dibantu kader Pos Lansia dan tenaga Polindes Pedekik tersebut juga memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada para peserta yang hadir serta membagikan makanan sehat berupa bubur kacang hijau. (pdk)

Berita Lainnya

Beri Komentar