Pemdes Pedekik Gelar Sosialisasi Beras Rastra 2018 Kepada Masyarakat

Pedekik – Pemerintah Desa Pedekik telah mengundang masyarakat penerima manfaat beras bantuan pemerintah untuk masyarakat kurang mampu dan pra sejahtera pada Selasa Sore (27/02/2018).

Acara ini di adakan guna mensosialisasikan data penerima manfaat bantuan Rastra Pemerintah pusat dan Raskin Otonomi 2018 yang baru saja di terima pemerintah desa untuk disampaikan kepada masyarakat.

Kepala Desa Pedekik Drs. Jansuar Hamzah sangat berterima kasih kepada pendamping Rastra dari Kementerian Sosial Kabupaten Bengkalis yang sudi hadir pada acara tersebut mewakili Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis.

“Kepada bapak-bapak dan ibu-ibu, juga kepada para Ketua RT, RW atau Kepala Dusun, silahkan nanti segala permasalahan yang berkaitan dengan bantuan beras Rastra ini silahkan ditanyakan langsung kepada pendamping kita dari Kemensos ini,” sambut Kades.

“Mungkin selama ini banyak yang menjadi uneg-uneg bagi masyarakat sehubungan dengan penerima beras ini. Kami dari Pemerintah Desa tidak ada niat sedikit pun untuk mengurangi, atau membuang nama-nama dari data penerima beras tersebut. Bahkan kami terus berusaha mengupayakan supaya penerima manfaat beras kita ini tepat sasaran sesuai dengan harapan masyarakat. Kami juga terus berusaha mengusulkan nama-nama yang layak menerima, tetapi sampai saat ini nama mereka belum tercantum di data penerima manfaat.” Lanjut Pak Kepala Desa.

Selanjutnya Kordinator Pendamping Rastra Kabupaten Bengkalis Bapak Irwan menjelaskan bahwa untuk tahun 2018 jatah beras yang akan diterima masyarakat mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Dimana jika pada tahun-tahun sebelumnya Raskin APBN yang diterima masyarakat itu sebanyak 15 Kg per bulan, untuk tahun 2018 ini hanya akan menerima sebesar 10 Kg / bulan per KK.

“Namun Alhamdulillah pak, untuk desa Pedekik jumlah penerima Rastra 2018 yang dari pusat bertambah. Kalau tahun sebelumnya cuma ada sekitar 86 KK, untuk tahun ini menjadi 96 Kepala Keluarga. Jadi bertambah 10 KK,” jelas Pak Irwan di sela-sela sambutannya.

“Untuk penyalurannya nanti akan dibagikan sesuai aturan yang berlaku. Saya ber harap juga kepada Pemerintah Desa jangan sampai nanti beras Rastra pusat ini ada yang menerima kurang dari 10 Kg.” lanjutnya.

Dalam kesempatan sore hari itu, pihak Pemerintah Desa Pedekik yang di wakili sekretaris Desa Bapak Maskur, SH juga meminta kepada Dinas dan petugas terkait  supaya bisa mengakomodir keinginan dari masyarakat supaya data penerima manfaat beras ini sesuai dengan usulan yang telah diajukan ke Dinas Sosial.

“Terus terang kami juga kewalahan pak pendamping, ketika data yang turun dan masuk ke desa tidak sesuai dengan harapan yang sudah diusulkan oleh RT dan RW kami. Supaya ke depan tidak saling menyalahkan dan berburuk sangka.” Ujar Pak Sekdes.

Bapak Irwan selaku kordinator Rastra Kabupaten Bengkalis juga menjelaskan, bahwa data-data yang sudah tertera tersebut tidak bisa di rubah begitu saja. Karena ada beberapa mekanisme yang harus di jalankan.

Namun begitu beliau juga menyarankan untuk masa yang akan datang, jika memang ingin merubah  data yang sudah ada, diminta agar usulan ke Dinas terkait itu kalau bisa sudah masuk sebelum bulan Mei atau bulan Oktober. (pdk)

Berita Lainnya

Beri Komentar