Pemerintah Desa Pedekik Adakan Musdes Revisi Data KPM Rastra 2018

Pedekik – Masalah bantuan Beras bagi keluarga Pra Sejahtera (Rastra APBN) selalu menjadi dilema di tingkat desa.

Hal ini muncul dimana data penerima manfaat yang turun dari Pemerintah Pusat selalu kurang valid dan tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Seperti adanya data KPM yang ganda, data orang yang sudah meninggal, pindah dan sebagainya.

Hal ini tidak ketinggalan pula terjadi di Desa Pedekik. Dimana untuk tahun 2018 ini ada beberapa nama pemanfaat yang sudah meninggal.

Dan nama-nama yang turun dari pemerintah tingkat atas tidak sesuai dengan yang di usulkan oleh masyarakat.

Untuk itu Pemdes Pedekik mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) pada Selasa sore (20/3/2018), guna mengatasi  permasalahan tersebut sesuai dengan arahan dari Pendamping rastra Kabupaten dan Kecamatan.

Pada Musdes yang dihadiri oleh para aparat desa RT dan RW tokoh masyarakat serta undangan lainnya, mengharapkan kepada Pendamping rastra, baik kecamatan maupun kabupaten agar bisa mengontrol tentang validasi data yang muncul bisa sesuai dengan apa yang sudah diusulkan dari bawah.

Bapak Razak selaku pendamping rastra kecamatan menyampaikan bahwa untuk penggantian data KPM rastra harus diambil dari masyarakat yang namanya sudah tertera didalam daftar Basis Data Terpadu (BDT) pusat.

“Dalam penggantian ini, tidak akan menambah kuota penerima rastra yang sudah ada. Jumlahnya tetap sama. Kalau sekedar mau mengusulkan, ya boleh-boleh saja. Tetapi belum ada jaminan pasti data KPM tersebut akan bertambah.” Jelasnya.

Dalam kesempatan musdes yang dihadiri juga oleh Ibu Maya selaku pendamping Rastra Kabupaten Bengkalis tersebut telah di sepakati penggantian beberapa nama KPM Desa Pedekik.

Penggantian tersebut dilakukan terhadap masyarakat yang sudah pindah dan meninggal serta masyarakat yang ekonominya sudah mampu untuk diganti kepada warga yang dianggap lebih layak menerima.

Pendamping Rastra Kecamatan juga menyampaikan, rencananya nanti bagi rumah penerima bantuan beras pra sejahtera akan di pasang plang rumah miskin.

“Wacana ini sudah kita bicarakan di Kabupaten. Jadi nanti akan terus di pantau. Kalau dalam beberapa minggu atau bulan, plang rumah miskin tersebut hilang atau di buka, maka keluarga tersebut tidak lagi diberikan bantuan.” Lanjuta pak Razak.

Adapun nama-nama KPM Rastra Desa Pedekik 2018 yang digantikan sesuai dengan berita acara Musdes tanggal 20 Maret 2018 adalah sebagai berikut :

NO

NAMA KEPALA KELUARGA

NAMA

1

AISYAH SIAH

2

CHUZAIMAH JAUHERMA NIZAR

3

KIAN LIE SYAFRIN

4

HAMIDAH SELAMAT TIHAK

5

ARIS GANDAMANA RUBIAH

6

ASROLI SATIAH

7

SURBAINI SAMINAH

8

KUSREN BINTIAH

9

AMRA ROMIAH

10

ISROLI SUMIAH

11

MISLANI EDDY T

12

EDDY SUPRIYADI KAMISAH

13

HERI SAPUTRA ANWAR

14

ANDI EKA SAPUTRA MARIA HASMAYATI

15

TUMINOTO MAIMUN

Berita Lainnya

Beri Komentar