Pemerintah Desa Pedekik Sosialisasikan Kesehatan Masyarakat Kepada Lansia

Pedekik – Untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dilingkungan desa Pedekik, Pemdes mengadakan kegiatan penyuluhan Penyakit Tidak Menular (PTM) kepada para orang Tua Lanjut Usia (Lansia) pada hari ini (Kamis, 19/07/2018) di gedung pertemuan kantor desa.

Pentingnya menjaga kesehatan harus dimulai dengan memahami tentang pengetahuan kesehatan itu sendiri. Tidak hanya masalah kesehatan keluarga, lingkungan, dan individu, tetapi juga harus mengetahui tentang penyakit yang selalu di derita oleh masyarakat secara umum, antara lain Penyakit Tidak Menular (PTM).

Kegiatan Sosialiasi PTM yang diprioritaskan kepada Lansia itu dibuka langsung oleh Kepala Desa Pedekik Drs, Jansuar Hamzah serta dihadiri juga oleh para Mahasiswa KKN yang baru beberapa hari berada di desa Pedekik.

“Jadi Pak, Buk, serta semua masyarakat yang hadir, mari kita sambut dan kita terima anak-anak KKN di kampung kita ini dengan baik. Anggap saja mereka anak kita sendiri. Sehingga jika mereka mungkin melakukan hal-hal yang kurang baik kita nasehati layaknya anak kita sendiri. Kita ajak mereka dalam kegiatan-kegiatan masayarakat. Mereka ini akan lebih banyak melakukan kegiatan pemberdayaan keagamaan,” ujar Kades diawal sambutannya.

Kepala Desa juga mengharap dengan adanya kegiatan Sosialisasi Kesehatan ini, supaya masyarakat kita menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan keluarga, termasuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Saya minta nanti agar sama-sama kita fahami apa yang akan disampaikan oleh Narasumber kita. Oleh karena itu dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiem, Acara Sosialisasi Kesehatan Masyarakat tentang Penyakit Tidak Menular dan Penanganannya, secara resmi Saya buka,” ucap Kepala Desa mengakhiri.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini, Pemerintah Desa Pedekik mengundang Praktisi Kesehatan dari Puskesmas Bengkalis untuk memberikan penyuluhan tersebut yang diwakili oleh Ibu Umi Kalsum, S.Kep.

Banyak materi yang disampaikan oleh narasumber dalam penyuluhan tersebut. Khususnya masalah penyakit-penyakit yang sering dialami oleh masyarakat dan sifatnya tidak menular. Seperti darah tinggi, diabetes, asam urat dan lainnya.

Penyampaian materi penyuluhan disampaikan secara santai selama lebih kurang 2 jam, dan berakhir sekitar pukul 11.30 Wib siang. (pdk)

Berita Lainnya

Beri Komentar