Pendamping Kabupaten Berikan Pembekalan Kepada Tim RPJMDes Pedekik

Pedekik – Guna menghasilkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan, Pemerintah Desa Pedekik memberikan pembekalan kepada Tim Penyusun RPJMDes sebelum mereka mulai bekerja.

Pembekalan materi mengenai teknis penyusunan rancangan tersebut dilaksanakan pada Sabtu pagi (14/10/2017) di aula Gedung Pertemuan Desa yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Desa Maskur, SH selaku ketua Tim. Sementara untuk pemaparan materi teknis pihak desa mengundang Kordinator Pendamping Desa Kabupaten Bapak Fahtiar Qodri sebagai narasumber.

Pelatihan atau pembekalan materi tersebut tidak hanya di ikuti oleh Tim RPJMDes, melainkan diikutsertakan juga Tim RKP desa yang sudah terbentuk beberapa waktu lalu. Kegiatan yang dihadiri sekitar 20 peserta tersebut di buka Sekretaris Desa sekitar pukul 8.30 Wib.

“Karena dalam tim ini ada beberapa anggota baru, baik tim RPJM maupun RKP maka perlu kita berikan gambaran tentang bagaimana teknis penyusunan Rencana Pembangunan tersebut. Sehingga nanti tim bisa bekerja secara maksimal dan tidak tertanya-tanya lagi,” ujar sekdes dalam sambutannya.

Bapak Fahtiar Qodri yang juga seorang jurnalis kawakan memberikan pelatihan tentang teknis penyusunan RPJMDes dan RKP secara panjang lebar. Di sesi awal pelatihan beliau fokus terhadap materi RPJMDes.

“Rencana pembangunan yang akan kita susun ini untuk jangka 5 tahun kedepan. Jadi harus benar-benar kita fahami dan kuasai. Apapun bentuk pembangunan di desa harus tertuang dalam RPJM tersebut. Memang kalau kita hitung-hitung nilai nominal RPJM ini bisa mencapai puluhan milyar. Tapi itu untuk jangka 5 tahun kedepan,” terang Fahtiar.

“Dan perlu kita ketahui sebenarnya penyusunan RPJMDes ini dasarnya selain dari penggalian aspirasi di tingkat dusun juga sudah harus di siapkan dulu profile desa. Karena nanti akan ada pengkajian sumber daya alam, sumber daya manusia, kalender musim dan lain-lain. Semua itu kita dapatkan dari profile desa tersebut,” jelas Fahtiar yang juga sebagai Ketua Lembaga Pelatihan Masyarakat Prodesa Society Development.

Acara pelatihan tersebut berlangsung hingga sore hari karena banyaknya materi yang dibahas. Usai jeda makan siang dilanjutkn dengan pembahasan penyusunan RKP desa. Baru sekitar pukul 16.00 Wib acara pembekalan berakhir. (pdk)

Berita Lainnya

Beri Komentar