Pengumuman Pemenang Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun 2016

Nasional – Pengumuman Pemenang Lomba Desa Tingkat Regional Nasional Tahun 2016 Peringkat 1 Tingkat Nasional diraih dan di Menangkan oleh Desa Majasari Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat. Selamat kepada Desa Majasari yang telah memenangkan Lomba desa tingkat Nasional dan telah membawa nama Jawa Barat ke rancah Nasional. semoga dengan diraihnya pemenang Lomba Desa menjadikan motivasi bagi desa di seluruh Indonesia terutama di Jawa Barat dan memajukan Jawa Barat dan Indonesia, semoga Desa Majasari dapat menjadi lebih baik lagi dan dapat mempertahankannya.

Acara pengumuman pemenang Lomba Desa Tingkat Nasional tahun 2016 yang diadakan di kantor Kementerian Dalam Negeri dan adanya penyerahan Piala, Cendramata dan Piagam pemenang lomba desa juara 1 tingkat nasional yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo Kepada Kepala Desa Majasari Wartono, S.Pd, M.Si.

Setelah melalui beberapa tahap penilaian juri dari tingkat kabupaten, provinsi akhirnya Desa Majasari Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu terpilih sebagai Juara Pertama Lomba Desa Tingkat Nasional.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahyo Kumolo kepada Kepala Desa Majasari Bapak H. Wartono, S.Pd, M.Si secara langsung di Jakarta. Desa Majasari dianggap sebagai desa terbaik dalam semua aspek penilaian.

Penilaian lomba desa tingkat nasional dinilai dari berbagai aspek seperti pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan. Termasuk lembaga-lembaga desa seperi BPD, LPMD, Kelembagaan Pokmas dan partisipasi masyarakat.

Desa Majasari Kecamatan Sliyeg ini dianggap unggul karena menjadi desa yang lengkap. Majasari memiliki cluster ekonomi usaha produktif berbasis peternakan dan pertanian. Termasuk juga pemanfaatan limbah pertanian untuk peternak sapi.

Limbah dari peternakan diolah menjadi pupuk organik, sementara daging sapinya diolah menjadi abon dan baso. Selain itu, Desa Majasari juga memberdayakan masyarakat dengan mengajarkan keterampilan rajutan dan aneka kerajinan.

Para purna TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dan keluarga dilibatkan agar mereka tidak kembali berangkat ke luar negeri dan mampu hidup mandiri secara ekonomi dengan mengikuti program-program yang diadakan oleh pemerintah desa Majasari.

Desa Majasari juga menjadi desa yang melek IT (Informasi dan Teknologi) karena program web desanya dikelola secara baik oleh aparatur desanya. Desa Majasari juga memiliki perpustakaan dengan buku-buku yang lengkap untuk bacaan warganya.

Semua ini digagas oleh Kuwu (Kepala Desa) Desa Majasari agar desanya menjadi desa yang lebih baik, bukan sebagai desa tertinggal. Kuwu H. Wartono, S.Pd. MS.i dianggap memiliki banyak inovasi dan kreativitas untuk mengubah desanya. Ini tidak lepas dari profesinya sebelum menjadi kepala desa yakni seorang guru.

Sebelumnya Desa Majasari berhasil mengalahkan empat desa terbaik di Jawa Barat. Yakni desa Tanimulya Kecamatan Ngamprah dari Kabupaten Bandung Barat (Juara II), Desa Mekarsari Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi (Juara III), dan Desa Subang Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan (Juara IV).

Setelah memenangkan lomba desa tingkat provinsi Jawa barat, Desa Majasari Kecamatan Sliyeg bersaing dengan desa-desa terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia dan hasilnya sangat membanggakan kabupaten Indramayu dengan meraih juara pertama lomba desa tingkat nasional.

Selamat kepada kepala desa, apartur desa dan seluruh masyarakat Desa Majasari Kecamatan Sliyeg atas prestasi yang diraih. Semoga semakin banyak desa-desa di Indramayu yang menjadi desa terbaik seperti desa Majasari.

Dari berbagai sumber

Berita Lainnya

Beri Komentar