PLN Bengkalis Sosialisasikan Listrik Pra Bayar Kepada Masyarakat Desa Pedekik

Bengkalis – Dalam rangka mewujudkan penggunaan listrik pintar Pra Bayar 100% di Bengkalis, PT. PLN Ranting Bengkalis mengadakan sosialisasi kepada masyarakat di Desa Pedekik. Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang program migrasi penggunaan listrik Paska Bayar menjadi Pra Bayar secara menyeluruh.

Sebagaimana di sampaikan pihak PLN bahwa kegiatan migrasi pelanggan ke listrik Pra Bayar ini telah di dukung oleh Pemerinatah Kabupaten Bengkalis melalui Surat Edaran dan dukungan dari Bupati. Sehingga di targetkan seluruh pelanggan PLN di Kabupaten Bengkalis hingga akhir 2018 nanti sudah menggunakan meteran pulsa.

Dalam hal ini, Pemerintah Desa Pedekik telah menyambut baik kegiatan sosialisasi program yang dicanangkan oleh Persero PLN tersebut. Sebagaimana disampaikan oleh Bapak Kepala Desa Drs. Jansuar dalam sambutannya di hadapan masyarakat dan rombongan dari PLN pada sore Selasa ( 06/02/2017).

“Kami sangat berterima kasih kepada kawan-kawan dari PLN yang sudi datang ke tempat kami ini. Dalam kesempatan ini perlu juga saya sampaikan bahwa kita dari Pemerintah Desa telah melaksanakan kegiatan penerangan jalan dengan memasang lampu di tiap-tiap tiang,” Sambut Pak Kades.

“Untuk stroom atau aliran listrik jalan ini nanti kita akan memanfaatkan aliran listrik dari Desa. Karena daya listrik kantor kita juga terbilang cukup besar dan pada malam hari pun pemakaian kita tidak banyak. Selain itu pak, Alhamdulillah saya telah menghubungi pihak Kementerian ESDM Propinsi untuk pengajuan penambahan jaringan tiang listrik. Respon mereka sangat bagus. Jadi mudah-mudahan usulan kita di kabulkan. Karena masih banyak jalan-jalan di desa kita yang butuh penambahan jaringan tiang listrik tersebut.” Lanjut Kepala Desa.

“Dalam kesempatan ini saya juga berharap kepada pihak PLN nanti agar bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat kami tentang permasalahan-permasalahan listrik PLN yang terjadi di masyarakat. Seperti program pengaduan subsidi dan masalah lainnya. Kepada masyarakat juga silahkan diajukan masalah-masaha yang terkait dengan listrik ini kepada Bapak-bapak kita dari PLN.” Ujar Pak Kades Drs. Jansuar Hamzah.

Sementara itu rombongan PLN yang hadir pada sore itu, perwakilan dari PT. PLN Area Dumai, Pimpinan PLN Ranting Bengkalis serta para karyawan menyampaikan beberapa hal terkait dengan permaslahan yang di hadapi masyarakat dan juga program pelaksanaan listrik pintar pra bayar 100% ini.

“Perlu bapak-bapak ketahui, bahwa jika di desa bapak ini nanti membutuhkan lampu penerangan jalan, pihak desa nanti bisa mengusulkan kepada Dinas Perkim Bengkalis. Dan nanti mereka akan meneruskan kepada kami untuk di survey ke lapangan. Dan jika di setujui nanti nya semua biaya penerangan lampu jalan ini akan di tanggung oleh Pemda., “ tearng Pimpinan PLN Bengkalis.

“Karena bapak-bapak ini sudah membayar pajak pak. Namanya pajak PPJatau Penerangan jalan. Besarnya 4% dari total pembayaran tagihan listrik yang bapak gunakan sesuai dengan Perda Kabupaten Bengkalis. Untuk itu masyarakat berhak untuk mengajukan ini ke Pemda setempat.” Lanjutnya.

Terkait dengan pengaduan listrik subsidi, pihak PLN menyampaikan bahwa di Kantor Camat sudah ada bagian yang melayani hal tersebut. Karena untuk masalah warga mampu dan tidak mampu, PLN tidak mempunyai hak untuk menentukan hal itu.

“Silahkan bapak-bapak ajukan ke kantor camat melalui desa. Dan nanti akan diinput oleh petugas di Kecamatan untuk diajukan ke pusat. Kalau sudah di setujui baru kami turun ke lapangan.” Lanjutnya.

Selain memaparkan berbagai permasalahan listrik yang dialami masyarakat, PLN juga sangat menghimbau agar masyarakt untuk tahun ini bersiap untuk pengalihan listrik dari pelanggan Paska Bayar menjadi pelangan Pra Bayar.

Dimana dengan menggunakan listrik pra bayar, masyarakat tidak lagi akan menanggung penunggakan keterlambatan pembayaran listrik. Disamping itu token pulsa listrik bisa dibeli dimana saja dan kapan saja. ( pdk ).

Berita Lainnya

Beri Komentar