Rencanakan Pembangunan 2019, BPD Pedekik Musdes Bentuk Tim RKP

Pedekik – Guna menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP) tahun 2019, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) telah mengundang berbagai unsur masyarakat pada Musyawarah Desa (Musdes) pembentukan Tim Verifikasi RKP pada hari Jum’at, 20 Juli 2018 di Aula Gedung Pertemuan Desa.

Dalam kesempatan itu sekaligus dibentuk Tim RKP yang akan bertugas menyusun rencana kegiatan pembangunan pemerintahan desa tahun 2019 baik pembangunan infrastruktur, pemberdayaan maupun pembinaan kemasyarakatan.

Musyawarah Desa yang dihadiri oleh berbagai unsur kelembagaan dan masyarakat desa Pedekik tersebut telah sepakat memilih 5 orang Tim Verifikasi RKP 2019 sebagai tim yang akan bertugas melakukan penialaian terhadap kelayakan susunan rencana pembangunan desa yang akan dibuat oleh Tim 11 RKP.

Kepala Desa Pedekik Drs. Jansuar Hamzah dalam sambutannya dihadapan masyarakat berharap agar Tim Verifikasi RKP 2019 yang terbentuk nantinya bisa bekerja maksimal sehingga pembangunan desa 2019 bisa terealisasi tanpa hambatan.

“Dan mulai tahun ini kita sudah mulai menerapkan regulasi baru tentang Program Padat Karya Tunai (PKT) yang diatur oleh Pemerintah Pusat. Dimana dari 30 persen anggaran pembangunan infrastruktur desa wajib dialokasikan untuk upah pekerja,” terang Kepala Desa.

Sebagaimana diketahui, pada tahun-tahun sebelumnya anggaran pembangunan proyek desa tidak menentukan jumlah upah yang harus diberikan kepada pekerja.

“Penerapan Program PKT ini juga mewajibkan proyek desa harus dikerjakan oleh masyarakat tempatan. Prioritasnya adalah untuk warga yang pengangguran, kurang mampu dan masyarakat miskin. Kecuali kalau ada pekerjaan yang tidak bisa dilakukan secara manual, maka boleh menggunakan alat atau tenaga mesin,” lanjut suami Ibu Summitri, M.Pd ini.

Sementara itu Ketua BPD Pedekik Zainal Bahri menjelaskan bahwa Tim Verifikasi RKP ini harus diambil dari Masyarakat atau dari SKPD yang berkaitan dengan program kegiatan desa.

“Bapak-bapak dan Ibu-ibu, sebagaimana dijelaskan Kepala Desa tadi, bahwa kita harus menggunakan tenaga kerja tempatan dalam pelaksanaan proyek pembangunan desa, ini merupakan angin segar bagi warga masyarakat umumnya, khususnya bagi warga yang pengangguran dan tidak mampu,” ujar Ketua BPD.

Beliau juga sangat berharap supaya Rencana Pembangunan yang akan disusun nantinya benar-benar merupakan prioritas yang dibutuhkan masyarakat. Apalagi sudah ada Tim Verifikasi yang akan menilai terlebh dahulu kelayakan RKP sebelum disahkan.

Adapaun Tim Verifikasi RKP Desa Tahun 2019 yang telah berhasil dibentuk bersama adalah sebagai berikut :

1. Junaidi (Ketua)
2. Rahmad Dasuki (Sekretaris)
3. Fadhil Juneri (Bidang Pembangunan)
4. Ahmad Imal Purnawan (Bidang Pemberdayaan)
5. Heriyanto (Bidang Pembinaan).

Usai pemilihan Tim Verifikasi, acara Musdes yang dipandu oleh Sekretaris Desa itu dilanjutkan dengan pembentukan Tim 11 penyusun RKPDes tahun 2019 mendatang. Dimana mereka akan bekerja sesuai dengan acuan RPJMDes yang sudah ada.

Adapun Tim 11 Penyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa Pedekik Tahun 2019 tersebut terdiri dari perwakilan berbagai Dusun, tokoh pemuda dan juga perwakilan perempuan.

Berikut nama-nama Tim 11 RKP Desa Pedekik 2019 yang berhasil dibentuk bersama masyarakat dan Pemerintahan Desa :

1 MASKUR, SH – Ketua
2 AFIFUDIN – Sekretaris
3 MUKHLIS, A.Md – Anggota
4 AHMAD SYAFI’I – Anggota
5 SODIKIN, A.Md – Anggota
6 YANTI SETIAWATI – Anggota
7 AZLIN IRWAN – Anggota
8 AGUS SUPENO – Anggota
9 ABDUL RAHMAN – Anggota
10 ROFIQOH – Anggota
11 MOHD. SYAFAWI – Anggota

Dengan dibentuknya Tim Verifikasi RKP dan Tim 11 ini, masyarakat sangat berharap agar mereka benar-benar bekerja sesuai dengan aspirasi masyarakat dan menjalankan tugas sebaik mungkin. (pdk)

Berita Lainnya

Beri Komentar